Minggu, 25 Juli 2010

REMOTE Control


REMOTE Control

Kemajuan teknologi dibidang electronic dan multi media sangat luarbiasa dan berpengaruh pada gaya hidup masyarakat masa kini. Telepon seluler sekarang bukan hanya sekedar bisa untuk komunikasi saja tetapi sudah mencakup / memenuhi kebutuhan hidup untuk pelayanan multi media. Dari, gambar, suara,data, komunikasi dan lain2. Setiap merk Hp berlomba- lomba untuk melengkapi dengan fitur2 yang sangat dibutuhkan untuk saat ini. Kebutuhan informasi dan hiburan dari radio / tv / video / foto.


Kamera yang siap untuk mengabadikan moment2 dan kenangan penting setiap saat baik dengan video maupun foto, maupun rekaman suara. Semua dapat dilakukan dengan Hp.
Kalau beberapa tahun yang lalu Hp merupakan barang yang mewah karena harganya yang relative mahal dan sulit untuk mendapatkannya. Sekarang ini dengan pasar global maka banyak .



Gamb.I Pesawat dg tombol yg lengkap,Tombol OK, navigasi, menu.Bisa disetting secara manual.(tidak dg remote control)


Hp yang membanjiri pasaran di negara kita dengan harga yang terjangkau atau boleh dikata murah untuk sebuah produk yang berteknologi canggih. Sehingga Hp bukan lagi merupakan barang mewah tetapi sudah merupakan bagian kelengkapan dari kehidupan masyarakat saat ini.
Dibidang audio video semua serba full automatic , dengan sedikit sentuh sudah bekerja dengan sendirinya. Kemudahan dalam pengoperasiannya sehinggga membuat semua orang mampu untuk melakukannya . Kemajuan dibidang televisi , yang sudah menuju ke siaran digital, sehingga nantinya tidak ada siaran tv yang jelek. Kualitas gambar dan suara akan lebih prima, tidak akan ada lagi bayangan (ghost) pada penerimaan gambar dan suara yang lebih jernih dan tidak ada noise. Disamping pilihan tayangan pun lebih banyak.
Dalam menuju siaran TV digital ini sudah dimulai pada pertengahan Th 2008 yang lalu dan semua siaran tv analog akan habis / berakir tahun 2018 semua sudah siaran digital. Tidak kalah pentingnya adalah kelengkapan dari TV untuk memudahkan setting dan pengoperasiannya yaitu remote control . Karena banyaknya pilihan dan yang perlu di sesuaikan dengan keinginan penonton keberadaan remote control sangat penting. Tinggal pencet remote control sudah bisa menyesuaikan dengan selera kita baik acara maupun kualitasnya.
Berbicara masalah remote control untuk perangkat audio / video perlu diingat chususnya apabila kita membeli perangkat audio/video yang dilengkapi dengan remote control adalah perangkat tersebut bisa tidak dioperasikan ataupun diseting secara manual tanpa dengan remote. Jangan sampai karena remote rusak terpaksa perangkat tidak bisa digunakan lagi karena tidak ada tombol manual dipesawat itu. Jadi minimal yang harus ada y.i tombol navigasi yang bisa untuk menggeser kekiri dan kanan, maupun atas kebawah, tombol OK / enter, dan tombol untuk menu.
Dari pengalaman kami karena remot e rusak maka pesawat Digital Satelite Reciever penerima siaran TV lewat satelit terpaksa pensiun, karena dipesawat ternyata tidak ada tombol untuk mensetingnya, tombol menu tidak ada dan tombol OK / Enter tidak ada, maka praktis pesawat tidak bisa dioperasikan alias pensiun. Untuk mendapatkan remote yang baru sulit jarang ada yang menjual kalaupun ada spesifikasi nya tidak cocok. Pada hal pesawat baru 1 ( tahun) dipakai. Maka ketika menbeli perangkat kita harus lebih cermat lagi, bahwa pesawat dapat disetting secara manual lewat tombol di pesawat sedangkan remote hanyalah sekedar untuk menambah kemudahannya saja.

Gamb.II Macam2 remote control

Kelengkapan dari pesawat tidak bergantung karena harganya. Harga mahal kelengkapan belum tentu menjamin komplit ada, jadi kita harus lebih cermat memilihnya. Untuk pesawat penerima siaran tv lewat satelit , yang setiap saat dapat saja berubah settinganya entah karena antenna parabola kena terpaan angin atau hujan sehingga posisi parabola bergeser ,atau karena kita akan mencari satelit baru, maupun channel yang baru sehingga harus mensetting lagi atau menyesuaikan parameter2 nya. Maka keberadaan remote memang penting sekali. Bagi yang hoby dengan siaran tv lewat satelit / parabola tentu kepuasan belum terpenuhi kalau belum menjelajahi seluruh cakrawala untuk melihat2 barangkali ada satelit baru, ataupun chanel siaran baru maka kegiatannya akan terganggu atau akan kesulitan apabila cara setting untuk pesawat tidak berfungsi. Maka dari itu remote control perlu dirawat dan disimpan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar