Kamis, 20 Mei 2010

30 X 24 JAM DENGAN FLEXINET (unlimited)

30 x 24 jam menggunakan Flexinet unlimited, hampir tidak pernah ada yang terputus koneksinya selama digunakan, signal selama tiga puluh hari tercatat full scale 100 % , indicator terbaca 5 penuh, pernah sekali terjadi penurunan sampai pada scala 3 itu hanya berlangsung beberapa saat terus kembali ke scala penuh lagi 5,


Kecepatan download dan up load yang dilakukan selama on line dan secara random kecepatan berkisar 70 s/d 90 kbps dan untuk upload berkisar 40 s/d 60 dan pernah juga down load 136 kbps upload 78 kbps, terendah pernah down load 40 kbps upload 26 kbps itupun hanya sesaat.
Rata-rata speed download 80 kbps dan uploadnya 40 kbps . Speed test dari Telkom speedy

Suatu kemajuan dilihat dari kecepatannya dibandingkan tempo dulu ketika pada awal2nya kami menggunakan internet sekitar tahun 2002. Modem menggunakan external modem lama dengan spesifikasi tehnis , data transmit rate 33,6 kbps, data download rate 56 kbps, berarti sudah ada kemajuan kalau yang sekarang kita dapatkan kecepatan rata-rata 80 kbps .

Penghematan biaya. Waktu pertama kali kami menggunakan koneksi inertnet dan masih menggunakan saluran telepon dalam satu bulan total pengeluaran biaya sampai dengan Rp.400.000 itu terdiri dari bayar koneksi internet plus bayar pulsa telepon local selama terjadi koneksi internet, karena dirasa mahal maka terpaksa diputus untuk sementara.

Setelah Telkom meluncurkan program Telkomnet instant yang tidak menggunakan abonemen bulanan, jadi hanya membayar apa bila digunakan, tetapi per jamnya sekitar Rp7500, sementara bisa digunakan untuk hal2 yang sangat penting saja untuk menghemat biaya.

Perbandingan modem yang tempo dulu (putih) dan yang dipakai sekarang, fisik semakin kecil kemampuan semakin besar
Pada achirnya Telkom meluncurkan Speedy dengan kecepatan yang lumayan namun biaya masih mahal dengan system Quota / durasi waktu untuk 15 jam Rp.82500, sementara yang 50 jam Rp.160000, sedangkan untuk paket unlimited masih cukup mahal Rp.215000 apabila hanya sekedar untuk hiburan ataupun hobby artinya bukan untuk menunjang kegiatan bisnis. Kalau tempo dulu dengan kecepatan modem up 56 kbps bisa dibayangkan kira2 berapa banyak data yang kita dapat. Saat ini flexinet tergolong murah dari segi biaya, Rp. 50.000 itupun tanpa batas atau unlimited. Untuk koneksi tidak masalah artinya tidak pernah terputus. Untuk kecepatan dan stabilitas lumayan atau cukup kalau untuk kegiatan 2 yang biasa2 saja. Yang menjadi masalah apabila sedang tidak cepat dan kebetulan yang kita akses berukuran besar ini yang harus sabar .

Bagi yang tidak punya target tertentu, ataupun dibatasi waktu ini tidak masalah, tetapi kalau ada target harus segera selesai atau pun terkirim ini yang bikin pusing. Saat ini Untuk modem menggunakan CDMA dengan Freq Bands 800 Mhz kecepatan up 153,6 kbps. Bekerja baik dengan operator Star One, Esia, Flexi , Fren artinya banyak pilihan yang cocok dengan kondisi / situasi kita.
Penggunaan modem CDMA dengan Flexinet untuk sementara cukup memadai selama belum ada perubahan dari program2 yang cenderung berkembang lebih cepat lebih besar. Kegiatan 2 seperti Face book, twitter, blogger, email , browsing, surfing, dan download yang sedang2 kapasitasnya masih memadai, untuk gambar2 besar /video / tv /radio streaming memang terasa sekali kalau kurang kecepatan maupun kapasitasnya.
Kesimpulannya keberadaan dan penggunaan dari Flexinet unlimited cukup membantu disamping murah biayanya masih bisa memadai untuk kegiatan2 on line .
Harapannya pihak Telkom bisa meningkatkan lagi kecepatan maupun kemampuannya tanpa harus meningkatkan harga kalau perlu tidak ditingkatkan.


0 komentar:

Posting Komentar